Apa itu IX dan IIX

You are here:
< Back

IX (international eXchange) dan IXP (international eXchange point) IX atau IXP adalah infrastruktur fisik yang memungkinkan penyedia layanan Internet (ISP) dan Jaringan Pengiriman Konten (CDNs) menukar lalu lintas Internet antara jaringan mereka ke international dengan kata lain IX adalah link luar negeri / website / CDN yang berada di luar negeri

IIX singkatan dari Indonesia Internet eXchange. Sedang OpenIXP adalah singkatan dari Open Internet eXchange Point kedua exhange point tersebut berada di jakarta.

IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII. Sedangkan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center), dan untuk di Bali sendiri sudah ada NIX (nusantara internet eXchange) Sebagai tempat pertukaran konten antar ISPs di Bali yang dikelola bersama APJII Bali.

Beberapa ISP menawarkan bandwidth yang berbeda antara koneksi IIX dan IX (Internasional) Yang kadang menjadi kebingungan bagi pelanggan dan calon pelanggan adalah pada suatu IP address tujuan apakah termasuk kategori IIX atau IX? Hal ini ditambah lagi dengan ada bandwidth tambahan seperti MCSIX, PGASCOM atau SDIIX yang terkadang dimasukkan dalam jalur IIX ISP. Tambah bingung kan?

ISP juga membantu dengan memberi list IIX++ tapi jumlah nya yang ribuan (bahkan ada yang sampai puluhan ribu), membuat Router SOHO kembang kempis untuk mengimpor dan mengeksekusi list.

Jalur IIX++ itu biasanya digunakan untuk konten yang bersifat CDN. Dalam promosi nya, ISP meng-klaim bahwa youtube tanpa buffer karena lewat jalur IIX++. facebook lebih cepat karena lewat jalur IIX++. Akamai juga lebih cepat, karena juga dihitung lewat IIX++.

Nah, sebagai pelanggan bagaimana mengetahui jalur yang digunakan itu termasuk jalur yang mana? Apa benar youtube dan facebook lewat IIX++?

Secara manual untuk menentukan suatu IP Address termasuk bandwidth mana yang diberikan ISP, salah satu cara nya dengan melalui fungsi traceroute pada mikrotik.

Adakah solusi lain cara menentukan bandwidth dengan tujuan IP address tertentu pada router klien? Tanpa import list dari ISP dan tanpa menggunakan cara manual dengan traceroute. Ada, salah satu dengan pengiriman informasi routing dari ISP ke router pelanggan (BGP peer). Untuk hal ini dapat ditanyakan ke masing-masing ISP yang bersangkutan. Apakah ISP mau mengirim dinamik routing dengan protocol BGP kepada klien nya.

Last Updated On October 17, 2018
Tags: