Change Port phpmyadmin

Mungkin bagi rekan-rekan yang suka ngoprek database mysql menggunakan phpmyadmin berikut tips untuk mengganti default port 80 untuk akses phpmyadmin yang dimana biasanya http://nama.domain/phpmyadmin menjadi http://nama.domain:port/ cekidot:

  • Delete atau rename file phpmyadmin yang ada di folder /etc/apache2/conf-enabled/phpmyadmin.conf menjadi /phpmyadmin.confidential atau whatever.lah atau bisa dihapuz aja.
  • Buat virtual host configuration file dengan nama phpmyadmin.conf jika suka menggunakan commandline seperti : nano /etc/apache2/sites-available/phpmyadmin.conf isinya seperti ini:

Continue reading “Change Port phpmyadmin”

How to install the UniFi Controller on Ubuntu

Ubiquiti UniFi is properly supported on Ubuntu and Debian, breaking away from being Windows only. Being on Linux also reduces a lot of overhead that Windows typically laid on. The installation instructions provided by Ubiquiti aren’t the best so here’s my take on it.

I will be using a freshly installed Ubuntu 14.04.1 LTS. I previously had issues on installing to a dirty Ubuntu image I’ve been using as a do-it-all template. There is a section below where I was able to work out those issues though if you are also facing them.

Continue reading “How to install the UniFi Controller on Ubuntu”

Apa itu IX dan IIX

IX (international eXchange) dan IXP (international eXchange point) IX atau IXP adalah infrastruktur fisik yang memungkinkan penyedia layanan Internet (ISP) dan Jaringan Pengiriman Konten (CDNs) menukar lalu lintas Internet antara jaringan mereka ke international dengan kata lain IX adalah link luar negeri / website / CDN yang berada di luar negeri

IIX singkatan dari Indonesia Internet eXchange. Sedang OpenIXP adalah singkatan dari Open Internet eXchange Point kedua exhange point tersebut berada di jakarta.

IIX atau OpenIXP terdiri dari beberapa ISPs (Internet Service Provider) di seluruh Indonesia. IIX dijalankan oleh organisasi bernama APJII. Sedangkan OpenIXP dijalankan oleh perusahaan datacenter yang bernama IDC (Indonesia Data Center), dan untuk di Bali sendiri sudah ada NIX (nusantara internet eXchange) Sebagai tempat pertukaran konten antar ISPs di Bali yang dikelola bersama APJII Bali.

Continue reading “Apa itu IX dan IIX”

Mikrotik Port Forwarding Multiple Webserver berbeda Domain

Pada artikel sebelumnya sudah kita coba untuk melakukan port forwarding supaya web server di jaringan lokal dapat diakses menggunakan IP Public yang terpasang di router. Selengkapnya bisa dilihat pada link berikut disini.

Namun bagaimana jika kita ingin mengakses lebih dari satu webserver di jaringan LAN menggunakan nama domain dari internet. Dan setiap nama domain tersebut kita resolve ke satu IP Public yang terpasang di router.

Hal tersebut bisa kita lakukan menggunakan router MikroTik yaitu dengan konfigurasi NAT dan dikombinasikan dengan fitur yang lain yaitu Web Proxy dan DNS Static.

Continue reading “Mikrotik Port Forwarding Multiple Webserver berbeda Domain”

Load Balance Mikrotik dengan NTH

Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang internet, banyak sekali bermunculan Internet Provider (ISP). Dan tidak bisa dipungkiri untuk saat ini kebutuhan akan internet merupakan sebuah kebutuhan yang pokok. Mulai dari akses informasi sampai jual-beli online sudah menjadi hal biasa.

Karena didorong oleh banyaknya permintaan dari masyarakat akan koneksi internet, maka banyak perusahaan internet provider berlomba-lomba memberikan layanan dan juga produk yang terbaik. Dan tak khayal saat ini banyak tawaran untuk koneksi internet dengan harga yang semakin terjangkau.

Continue reading “Load Balance Mikrotik dengan NTH”

Load Balance Mikrotik dengan ECMP

Dengan banyaknyak metode load balance, kadang kita bingung ingin menggunakan metode yang mana. Terlebih lagi banyak metode yang hanya dengan melihat konfigurasinya saja, kita dibuat pusing. Kali ini kita akan coba tips load balance yang cukup mudah dalam hal konfigurasi dan sangat menarik untuk dicoba. Load balance dengan metode ECMP, yang merupakan improvisasi dari metode round robin load balance.  Load balance sendiri merupakan teknik untuk menggabungkan koneksi internet lebih dari satu, contoh topologi :

Continue reading “Load Balance Mikrotik dengan ECMP”

Load Balance Mikrotik Metode PCC

Load balance pada mikrotik adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini banyak dari kita yang beranggapan salah, bahwa dengan menggunakan loadbalance dua jalur koneksi , maka besar bandwidth yang akan kita dapatkan menjadi dua kali lipat dari bandwidth sebelum menggunakan loadbalance (akumulasi dari kedua bandwidth tersebut). Hal ini perlu kita perjelas dahulu, bahwa loadbalance tidak akan menambah besar bandwidth yang kita peroleh, tetapi hanya bertugas untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat terpakai secara seimbang.

Continue reading “Load Balance Mikrotik Metode PCC”

Konfigurasi MPLS di Mikrotik

Multiprotocol Label Switching (atau disingkat MPLS) merupakan sebuah metode transmisi data yang menggunakan label untuk melakukan forwarding paket data. Dengan penggunaan label ini maka pengiriman paket data akan dilakukan dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok yang ditransmisikan tidak terkait dengan kelompok lainnya. Dengan penggunaan label dalam transmisi data MPLS merupakan metode transmisi dengan beban proses yang minimal.

Continue reading “Konfigurasi MPLS di Mikrotik”

Membuat Bot Telegram

Mendaftarkan Bot

Setelah siap membuat bot, langkah pertama adalah mendaftarkan nama bot kita. Ini dilakukan dengan menggunakan BotFather.

Perintah yang perlu digunakan adalah /newbot. Perlu diperhatikan bahwa semua bot harus memiliki akhiran “Bot”. Setelah selesai, kita akan mendapatkan token, semacam ini: 123456:ABC-DEF1234ghIkl-zyx57W2v1u123ew11. Token ini tidak boleh disebar (karena orang lain bisa mengambil alih bot Anda).

Setelah didaftarkan, kita bisa langsung menambahkan bot di daftar teman kita.

Ketika mulai chat, ada tombol “Start”

Jika kita tekan itu, yang terjadi adalah kita mengirimkan perintah “/start” ke bot (semua perintah bot dimulai dengan “/”).

Tapi kita belum menulis kode untuk bot kita, jadi bot kita belum bisa membalas apapun.

Continue reading “Membuat Bot Telegram”