Smartphone / Gadget Anda mulai melambat atau selalu kehabisan baterai? Kemungkinan telah diretas untuk menambang cryptocurrency - inilah cara melindungi diri Anda

Posted on March 04, 2019 by Ferdy Arthanto

    * Menurut seorang ahli di perusahaan keamanan internet ESET, "alarm" anda akan "berbunyi" jika Anda merasa telepon Anda terlalu panas, berjalan lambat atau baterai habis dengan cepat.

    * Semua gejala ini bisa menjadi pertanda bahwa ponsel Anda telah diretas oleh cryptojacker.

    * Kegagalan fungsi baterai dan panas berlebih yang disebabkan oleh penambangan dapat merusak perangkat Anda - dan kerusakan itu terkadang permanen.

Jika ponsel/gadget Anda (terutama Android) sudah mulai berjalan lambat, cepat panas, atau baterainya cepat habis tanpa alasan yang jelas, Anda harus khawatir.

Mengapa? Menurut sebuah laporan dari AFP , gejala-gejala ini mungkin berarti Anda telah menjadi korban cryptojacker.

Menambang cryptocurrency pada dasarnya hanya melakukan transaksi digital; perbedaan antara transaksi cryptocurrency dan transaksi digital lainnya adalah biasanya melibatkan penyelesaian masalah menggunakan perangkat keras (sebagai imbalannya Anda dibayar dalam mata uang kripto).

Biasanya, perhitungan matematika yang perlu diselesaikan untuk melakukan transaksi kripto sangat kompleks dan oleh karena itu, membutuhkan sejumlah besar daya komputasi. Ini tentu saja memerlukan banyak sumber daya untuk perangkat keras bekerja dan menimbulkan pembuangan energi yang besar - tetapi tampaknya penjahat cyber telah menemukan jalan pintas yang lebih efisien untuk menekan biaya.

Satu smartphone saja tidak memiliki kekuatan pemrosesan yang  cukup untuk menambang cryptocurrency - tetapi ketika banyak smartphone digunakan bersama, penjahat cyber dapat dengan mudah mengambil keuntungan dari kekuatan pemrosesan secara kolektif mereka, dan tanpa sepengetahuan pengguna. Semakin banyak cryptojackers melakukan hal itu.

Agar cryptojackers dapat menambang, pengguna mengunduh aplikasi yang tampaknya tidak berbahaya, yang sebaliknya justru memasang aplikasi malware penambangan ke perangkat pengguna tersebut.

Yang mengkhawatirkan adalah, berdasarkan informasi dari para ahli ESET yang dikutip dalam laporan AFP menyatakan bahwa daftar aplikasi yang menyembunyikan program untuk menambang cryptocurrency semakin bertambah.

Menurut We Live Security, aplikasi game "Bug Smasher" hanyalah satu dari banyak aplikasi yang ternyata memiliki fungsi penambangan tersembunyi - aplikasi ini dihapus pada Januari 2018 ketika para peneliti ESET menemukan apa yang sedang terjadi.

Google lebih terbuka/rentan dalam hal Kemanan daripada Apple tetapi hal itu akan berubah

Tanda-2 awal jika smartphone / gadget Anda merasa benar-benar diretas adalah, smartphone Anda akan melambat dan sangat cepat panas. Hal-hal yang lebih buruk dapat terjadi, smartphone dapat rusak secara permanen karena kerusakan baterai, masalah ini lebih rentan terutama untuk gadget yang berjalan dengan system Android.

Alasan mengapa perangkat yang menggunakan sistem operasi Google lebih rentan adalah, karena iOS Apple melakukan kontrol yang lebih ketat atas aplikasi yang tersedia di App Store. Sebagai contoh pada bulan Juni Apple menambahkan pernyataan di pedomannya bahwa penggunaan program penambangan cryptocurrency pada perangkatnya secara tegas dilarang.

Namun, menurut AFP, Google sekarang sudah mengikuti  langkah yang sama seperti Apple dengan Google Play dan baru-baru ini memberi tahu para pengembang aplikasi bahwa mereka tidak akan lagi membiarkan penambangan cryptocurrency pada perangkat mereka.

Bagaimana Anda dapat melindungi ponsel Anda

Para ahli mengakui sangat sulit untuk menentukan aplikasi mana yang menyembunyikan malware; tetapi anda sebagai pengguna, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk membuat smartphone Anda lebih aman:

Pastikan sistem operasi dan aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru untuk memastikan semua tetap aman.

Hanya instal aplikasi dari platform resmi (Google Play Store dan Apple's App Store).

Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Gunakan jumlah unduhan aplikasi dan ulasan pengguna untuk memastikan aplikasi apa pun yang Anda unduh adalah versi yang sah.

Jangan beri izin akses untuk aplikasi yang tidak perlu.

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak semacam antivirus yang cocok untuk sistem operasi anda untuk perlindungan ekstra.

Baca artikel asli tentang Business Insider España. Posting ini telah diterjemahkan dari Bahasa Spanyol. Hak Cipta 2018. Ikuti Business Insider España di Twitter.

*diterjemahkan dari artikel asli berbahasa inggris oleh Ferdy Arthanto


More Insight

Upcoming Event

Inspired Hotel Security by SALTO Systems

Sat, May 25, 2019 1:00 PM

Sponsorship